Rabu, 05 Januari 2011

Cocktail

Cocktail adalah suatu minuman yang dibuat dengan cara mengkombinasikan satu varian minuman alkohol dengan varian yang lain atau dengan minuman lain yang bukan minuman alkohol. Dimana setidaknya salah satu varian minuman alkohol yang digunakan adalah spirit (minuman alkohol yang dikonsentrasikan kadar alkoholnya dengan penyulingan dengan kadar alkohol paling rendah 20%).

Whiskey

Campuran yang digunakan untuk membuat cocktail bisa bermacam-macam seperti gula, madu, susu, bahan-bahan herbal, sari buah-buahan dll. Hingga hari ini asal kata cocktail sendiri masih belum jelas. Penggunaan kata "cocktail" yang paling tua yang diketahui adalah di koran The Farmer's Cabinet edisi 28 April 1803. Cocktail saat ini telah jauh lebih kompleks dan rumit pembuatannya dibandingkan cocktail di zaman dulu yang hanya menggunakan bahan-bahan seperti air, gula, dan bitters.

Gelas takar, sendok bar, shaker

Orang yang membuat cocktail di bar, kedai atau semacamnya disebut bartender. Terdapat ratusan varian minuman alkohol, puluhan varian jus buah, dan berbagai macam jenis campuran lain yang digunakan dalam cocktail menjadikan bartender suatu pekerjaan yang tidak semudah kelihatannya, karena bartender harus hapal apa saja bahan-bahan untuk membuat minuman yang diinginkan pemesan, dan berapa persen takarannya masing-masing.  Bahkan ada juga cocktail yang ketika pembuatannya tidak boleh terbalik urutan bahan yang digunakan ketika dituangkan ke dalam gelas. Selain itu karena perbedaan kadar alkohol antara minuman satu dengan yang lain sehingga menyebabkan perbedaan massa jenis, untuk itu supaya bahan-bahan cocktail bisa bercampur sempurna, cara untuk mengaduk pun ada sendiri.

Rainbow Cocktail memanfaatkan perbedaan massa jenis

Ada ratusan varian minuman alkohol, karenanya cocktail pun ada ratusan atau bahkan ribuan varian dengan campuran yang berbeda-beda bahan dan takarannya. Beberapa jenis cocktail diminum dengan terlebih dahulu dibakar sebelumnya, cocktail-cocktail semacam ini disebut flambe cocktail. Bartender akan menyulutkan api pada coktail sehingga cocktail terbakar, cocktail jenis ini biasanya harus segera diminum setelah apinya mati. Ada juga cocktail yang disajikan dengan garam atau bubuk coklat dibubuhkan di tepi mulut gelasnya.

Martini

 Flambe Cocktail

Terkadang ada juga club malam yang menyediakan pertunjukkan "Flair Bartending" yaitu pertunjukkan yang dilakukan oleh bartendernya dengan atraksi lempar-tangkap botol ke udara atau atraksi fire spray yang luar biasa memukau.

Flair Bartending

Lantas bagaimana dengan mereka yang tidak minum alkohol? Apakah mereka tidak bisa menikmati cocktail?
Saat ini telah ada satu bentuk variasi dari cocktail, yaitu non-alcohol cocktail atau disebut juga mocktail. Mocktail biasanya terbuat dari campuran sari buah-buahan, kopi, teh, susu, etc. Berikut akan saya sertakan beberapa non-alcohol cocktail beserta resepnya :

Arnold Palmer - 50% iced tea +50% lemonade
Banana Smoothie - pisang +yogurt vanilla +madu +extract vanilla +es (campurkan dengan blender)
Baptist Boilermaker - 1 cangkir kopi +1 gelas soda
Beach Blanket Bingo - jus jeruk bali +jus cranberry +soda 
Berry Patch - blueberry +raspberry +strawberry +es krim vanilla +susu (campurkan dengan blender)
Berry Sweetheart - jus cranberry merah +jus apel +madu
Designated Appletini - simple syrup +jus apel +jus lemon 
Dolce & Gabbana - diet coke +sirup grenadine (sirup yang dibuat dari buah delima)
Henry - orange juice +lemonade
Jefferson - iced tea +orange juice
Jim Howard - Sprite +orange juice
Lime Cola - sari jeruk limau +cola
Mango Julius - jus mangga (segar atau beku) +susu +extract vanilla +gula +es krim vanilla
Muddy Water - cola +orange juice
Orange Julius - jus jeruk (segar atau beku) +susu +extract vanilla +gula +es krim vanilla
Peach Julius - jus persik (segar atau beku) +susu +extract vanilla +gula +es krim vanilla
Phil Collins - 7up +lemonade
Pilgrim's Punch - jus anggur +jus cranberry +air soda
Pomme Noir - cola +apple juice
Pussyfoot - jus jeruk +jus limau +jus lemon +air soda +telur
Reno Cocktail - jus jeruk limau +jus jeruk bali +gula +sirup grenadine
Roy Rogers - cola +sirup grenadine
Vienna Soother - kopi +krim +sirup coklat +cinnamon
etc.

Tentu saja daftar mocktail diatas tidak akan memabukkan walaupun anda minum sebanyak satu galon, tapi anda bisa menambahkannya dengan alkohol yang mudah didapatkan di apotek-apotek terdekat (segala bentuk resiko ditanggung pembaca). Silahkan mencobanya di rumah. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar